Monday, February 11, 2008

Papa sayang...

KELUARGA BESAR PAPA, MINUS AKU SAMA NIA, LEBARAN 2006


Betapa dalam rahasia Allah, betapa besar kuasa Allah. Innalillahi wainailaihi rajiun..

Telah berpulang dengan tenang, Dedy Sutardi, papa dan kakek kami tercinta, hari senin jam 12.30 waktu indonesia barat.

Iyah, akhirnya Allah lebih sayang sama papa, dan Allah lebih tau apa yang terbaik buat papa. Hilang semua segala sakit yang diderita papa, digantikan dengan kebahagiaan bersama Rabb-Nya, sang pencipta Allah SWT.

Kronologis cerita ini, sengaja aku bikin supaya kelak bisa dibaca dan dikenang sama cucu-cucunya papa nanti.

Seperti postingan sebelumnya, setelah berobat ke beberapa dokter di beberapa rumah sakit, akhirnya papa mutusin buat coba pengobatan alternatif di daerah Cirebon. Ternyata, disana kondisi badannya justru makin ngedrop. Untuk antisipasi, mama masukin papa ke ICU RS. Majalengka untuk penanganan secepatnya. Disini, dokter justru nemuin diagnosa baru, yaitu cuma ada jamur di paru-paru papa, bukan kanker atau tumor seperti yang selama ini dikhawatirin. Bahkan dokter sempet ngejamin dalam 2-3 bulan bisa sembuh seperti biasa kalau minum obat secara rutin.
Dua hari kemudian, tepatnya hari sabtu, papa tiba-tiba sadar dari tidurnya. Bisa bangun, jalan dan ngobrol sama mama. Padahal sebelumnya, diajak ngomong pun ga bisa jawab sama sekali. Yang pertama dicari, cucunya, attar. Mama langsung bilang kalau attar ga disini, nanti kalau papa sembuh kita tengokin attar kesini. Trus papa ketawa. Gak lama, minta dicukurin rambut. Kebeneran kakaknya mama (Wa Cicih) dulu pernah punya salon, jadi bisa nyukurin rambut papa. Dan papa emang minta dicukurin rambutnya sama Wa Cicih itu. Trus papa juga minta diguntingin kukunya. Sama mama juga minta mandi. Abis itu, papa ceriaaa banget. Ngobrol-ngobrol tentang planning dia ke depan mau gimana, rencananya mau umrah bareng sekeluarga, trus tentang gimana senengnya dia mau punya cucu lagi. Iyah, insha allah aku hamil lagi sekarang, udah 7 minggu =).
Mama juga seneng banget, sampe langsung sms aku tentang perubahan drastis papa. Aku juga udah seneng, tapi hati kecil aku ngerasa gak enak, berasa kalau perubahan sikap papa terlalu drastis. Tapi aku tetep berusaha mikir positif, siapa tau doa kita sekeluarga supaya papa sembuh, mulai diijabah Allah.
Sorenya, papa ngedrop lagi. Dari situ, kondisinya bener-bener parah. Badannya menggigil dingin, diajak ngomong pun gak bereaksi, cuma sesekali lafal dzikir masih keluar dari mulut papa. Matanya pun udah gak keliatan itemnya, tapi udah putih semua. Mama langsung sms aku, minta aku telepon secepetnya. Langsung aku telpon, dan aku minta ngomong sama papa, walopun papa gak ngerespon. Aku mulai nangis, minta maaf dan ngomong segala macemnya buat nyemangatin papa. Alhamdulillah, papa ngejawab, walopun cuma bilang "iyaa.. iyaa..". Abis itu, aku diingetin mama supaya jangan terlalu tegang, mama nasehatin aku supaya mikir kandungan, jangan sampe keguguran lagi. Aku langsung istighfar, dalam hati udah berusaha ikhlas seandainya papa harus pergi.
Selesai itu, aku telepon adekku, nyuruh dia telpon papa buat pamitan sekalian minta maaf. Trus, aku yasinan diruang tengah sama attar. Tapi tetep gak bisa khusuk, yang ada aku nangis terus, kebayang momen-momen di hidup aku yang aku lewatin sama papa.
Jam setengah satu pagi, kita semua udah tidur, tau-tau adekku masuk kekamar aku sambil nangis dan kasih tau kalau papa udah gak ada. Innalillahi.. aku shock. Sampe teriak segala. Gak percaya. Sekitar 15 menitan aku berusaha ngontrol diri aku sendiri, sampe akhirnya aku sadar, air mata justru memperberat langkah papa menuju Rabb-Nya. Aku juga berusaha nenangin adekku yang shock berat.
Aku coba telepon mama, ternyata mama masih gak bisa diajak ngomong. Sejam kemudian, mama yang nelpon aku minta ditelpon balik, akhirnya aku telepon balik. Dan mama mulai cerita saat-saat terakhir papa.
Mama sendiri gak tau kalau papa udah ga ada. Yang mama denger terakhir kali, papa ngucap "Laailahailallah.." trus mama liat papa tidur. Gak ada gerakan sedikitpun dari badan papa. Gak ada rintihan ataupun reaksi saat malaikat maut ngejemput papa. Begitu suster periksa datang, baru dikasih tau kalau papa udah ga ada. Subhanallah, betapa indahnya Allah memanggilmu Pah.. Betapa indahnya papa pergi dalam keadaan menyebut nama Tuhannya. Insha Allah, papa diberi tempat terbaik disana. Insha Allah..
Sesuai pesen terakhirnya, papa minta pulang ke Jakarta dan dikubur di Jakarta. Akhirnya, kita sepakat buat ngubur papa di Tanah Kusir, dengan alasan deket sama rumah dan kalau adek-adek mau ziarah, gampang.

Yah, kehilangan orang terdekat emang selalu nusuk perasaan. Padahal aku ada rencana pulang abis ngelahirin nanti. Adekku yang ada rencana pulang bulan februari ini, malah ga mau pulang. Udah terlambat, katanya. Pulang juga gak akan ketemu papa. Sedih, karena papa belum sempet liat attar lagi dan cucu keduanya nanti. Tapi, kalau inget penderitaan papa selama sakit, aku ikhlas papa pergi. Ke tempat yang gak kenal rasa sakit, ke tempat dimana hidup abadi sebenernya terjadi. Pah.. selamat jalan.. Semoga kita bisa kumpul lagi di syurga-Nya nanti. You are the best dad.. ever..!!

edited: papa pergi gak didampingin semua anak-anaknya. Papa adil. Saat papa gak ada, adek-adeku yang laen masih dalam perjalanan menuju rumah sakit.

Labels:


mrs.netta stayed home at 6:09 AM

8 yang kasih komentar

tentang aku

netta
scorpio
turning 26
abang firman's wife
attar & arayya's mom
a happy homemaker
living happily in Virginia

yesterday

mystery diagnosis....??
Kalo anakku bener-bener mulai (ngeh) ngomong
mimpi
Pak Harto
disaster in the kitchen
puyeng....
back to work
story time
Attar : 22 mos
ke perpustakaan

monthly

January 2006
February 2006
April 2006
May 2006
June 2006
July 2006
August 2006
September 2006
October 2006
November 2006
December 2006
January 2007
February 2007
March 2007
April 2007
May 2007
June 2007
July 2007
August 2007
September 2007
October 2007
November 2007
December 2007
January 2008
February 2008
March 2008
April 2008
May 2008
June 2008
July 2008
August 2008
September 2008
October 2008
November 2008
December 2008
January 2009
February 2009
March 2009
April 2009
May 2009
June 2009
July 2009
January 2010

ini-itu

me on prenster
my videos on youtube
another blog *crazy version*
Neta Firman's Facebook profile

friends

adekku * chia * keluarga nugraha * teh roro * mamah amalia * uni riz * erma * nabilla * mamah ani * mommy kiky * nora * neli * de-salsa * kelambu * teh opi * tyka* bunda shafiyya * gege-zebby * ruthy-joshua * mommy syifa * evy * ayu * teh lia * lenny * ibu aurel * dhira * deazy *

daily read

youtube
ebay
liputan6
femina
detikhot
detikfood

say something


others

info

for best view use Internet Explorer

sing