Friday, February 29, 2008

Om Gito

Kemaren dapet sms dari ade di Jakarta kalo Om Gito Rollies meninggal dunia. Innalillahi..
Om Gito itu kebeneran tetangga depan rumah aku di Jakarta. Dulu, sering banget ajakin alm. Papa i'tikaf dari masjid ke masjid. Banyak kasih nasehat-nasehat tentang agama juga ke papa. Kadang, suka kirim sms yang isinya kasih semangat. Kalau ketemu dijalan juga selalu senyum. Apalagi kalau lebaran, seandainya dia lagi ada dirumah pas hari raya, dia udah stand by berdiri di halaman rumahnya buat nyambut orang-orang yang mau salam-salaman. Orangnya bener-bener down to earth banget. Gak ngartis, sederhana. Pokoknya baik banget deh.
Waktu papa sakit, Om Gito sempet ke rumah trus kasih tau papa tentang madu arab yang sering dia minum. Kebeneran papa sama Om Gito kan diagnosa penyakitnya hampir sama. Sama-sama kanker, cuma kalo papa kanker paru-paru, kalau Om Gito kanker kelenjar getah bening. Trus, berkali-kali nasehatin papa untuk terus pasrah dan berdoa sama Allah. Dia juga ceritain pengalamannya dari awal sakit sampe ga bisa jalan sampe akhirnya seger lagi dan bisa dakwah lagi kemana-mana.
Waktu papa meninggal, Om Gito lagi gak ada di Jakarta. Dia lagi dakwah 11 hari di Padang. Pas dia pulang, dia kerumah dan dia cerita sama mamaku, katanya sehari sebelum papa meninggal dia ngerasa sedih terus, pengen nangis aja bawaannya, padahal enggak ada apa-apa. Trus dia telpon rumah, nanya ke istrinya, Tante Michelle, tapi kata tante Michelle enggak ada apa-apa dirumah. Ternyata, besoknya papa meninggal. Dan dia bilang, "Ternyata kesedihan saya karena ada saudara saya yang meninggal..". Ya Allah, baiknya Om Gito.
Waktu jenazah Om Gito baru datang, mama terus ngedampingin tante Michelle yang lagi shock berat. Waktu itu keluarga besarnya Om Gito belum ada yang datang. Mama sempet bilang, kalau kita sama-sama ditinggal pergi suami, harus sabar. Trus mama bilang sama tante Michelle, kalau Om Gito mukanya ganteng banget, meninggalnya tenang, soalnya sambil senyum. Eh yang ada tante Michelle malah makin kenceng meluk mama. Hiks.. hiks.. jadi sedih lagi..
Om Gito meninggal cuma beda 17 hari sama meninggalnya papa. Kuburannya juga deket-deketan sama papa. Di Tanah Kusir blok yang sama. Masih satu deret. Aaah.. kalau aku pulang nanti, aku bisa gampang ziarah ke makamnya Om Gito.
Selamat jalan Om Gito..
Insha Allah khusnul khotimah..

Labels:


mrs.netta stayed home at 8:42 AM

1 yang kasih komentar

Thursday, February 28, 2008

Renungan diri part I : Mari mengenal diri kita sendiri

Hari ini, tiba-tiba aku kepengen banget denger siraman rohaninya AA Gym. Aku emang punya beberapa koleksi ceramahnya dia, karena isi ceramahnya selalu bikin hati aku yang kadang-kadang panas dan gak terkontrol jadi adem dan Insha Allah jadi lebih terkontrol. Kali ini, CD yang aku denger judulnya "Renungan Diri". Yang isinya tuh ceramahnya dia ditambah ada backsound musik instrumental yang enaaaak banget didengernya, apalagi suaranya AA yang kalem jadi bikin ceramahnya lebih ngena di hati. Salah satu cuplikannya yang bikin aku selalu berusaha introspeksi adalah...

" Bismillahirrahmanirrahim..

Semoga Allah memberi keberanian untuk mengenal diri kita sendiri, karena ternyata kita lebih sering hidup terkecoh oleh diri kita. Kita ingin dilihat oleh orang lain lebih daripada kenyataan yang sebenarnya. Dan ini menjadi sebuah siksaan tersendiri bagi kita. Kita ingin kelihatan lebih elit dengan penampilan yang sebetulnya kadang diluar kemampuan kita untuk memilikinya.
Tidak jarang kita membeli barang dengan merk-merk yang dianggap terkenal dengan harapan terangkat diri kita dengan merek tersebut. Lucu memang, berarti kita lebih rendah harganya daripada merek-merek tersebut, karena kita merasa merek itulah yang membuat diri kita lebih berharga.
Berbeda dengan orang-orang yang mempunyai kepribadian yang kokoh. Tidak repot bersembunyi dibalik merek, karena dirinya lebih bernilai dari merek tersebut.
Ada kalanya kita ingin kelihatan lebih pandai, sehingga kita sering sekali mengekspos pengetahuan kita dan ditambah-tambahi tentunya dan tidak jarang kita menjawab aneka rupa pertanyaan supaya tampak kita lebih cerdas, lebih mampu menjawab. tidak jarang kalau ada orang berkomentar, kitapun ikut mengomentari dengan komentar yang lebih banyak dan lebih lengkap supaya kelihatan kita serba tahu. Itu termasuk perilaku menyiksa diri.
Keberanian kita untuk tampil apa adanya, merupakan kunci yang membuat hidup kita bahagia....."

Hmm.. dari pertama denger, aku udah rada kesentil. Karena, gak perlu boong, ada sifat aku yang kaya gitu. Walau aku bukan termasuk orang yang demen beli baranng bermerk, karena gak kuat sama harga-harganya yang bikin mata melotot, tapi kadang hati suka aja nafsu kepengen beli ini-itu yang bermerek terkenal. Kayanya tuh keren aja gitu kalo bisa pake jaketnya Abercrombie&Fitch, atau kayanya keren banget kalo gw pake tas keluaran GUESS or Nine West. Belom kalo ngeliat sepatu keluarannya Manolo yang harganya ampe ratusan dolar. Wuiihh...
Setelah denger ceramahnya AA, hati langsung keredam. Bener juga, ngapain amat mesti napsu beli barang-barang bermerk kaya gitu, toh kalau kepribadian kita kokoh, nilai diri kita juga jauh lebih berharga dari barang-barang bermerk itu.
Sekarang sih, aku lebih bersyukur sama sepatu yang aku beli di Payless Shoe Source atau sendal murah nan nyaman yang aku beli di walmart. Gak ada lagi rasa nafsu dan terbakar emosi kalau ngeliat barang-barang bermerek pada sale atau ngeluarin model baru. Lagian, emang gak pernah beli juga sih.. cuma nafsu kepengennya aja, selain alasan si AA itu tadi, duitnya juga gak nyampe.

Bagaimana dengan anda..? Sudahkah anda mengenal diri anda sendiri..??

*Cuma berbagi pengalaman aja kok, ga ada maksud apa-apa...*

Labels:


mrs.netta stayed home at 2:52 PM

Friday, February 22, 2008

Happy Sweet 16 adekku..


Vikaaa... selamat ulang taun yaa... Wish u all the best.. Waduuh.. udah gede amat ya kamu..? Sedih ya, ulang taun yang sekarang ga ada Papa lagi. Gak apa-apa ya dek =).

Pokoknya, hepi besdei dari kita smua disini...

Hugs and kisses
-Teh Netta, Teh Nia, Abang, Attar_

Labels:


mrs.netta stayed home at 6:15 PM

Thursday, February 21, 2008

the pregnancy


Alhamdulillaaah banget, aku dikasih hamil lagi sebulan setelah aku keguguran kemaren. Sebenernya, hamil yang ini tuh gak direncanain, maksudnya biasa aja gitu. Malahan masih ada rasa trauma gara-gara keguguran kemaren. Ketauannya juga ga sengaja. Jadi begini ceritanya.. *silahkan kalo yang mau sambil ngemil*.

Aku miscarried sekitar tgl 8 Desember taun kemaren. Ya udah, abis gitu, aku rencananya mau planning hamil lagi kalau period aku udah back to normal. Mau pake sistem kalender sama ngitung Body Basal Temperature (BBT). Biasanya, aku dapet period setiap tanggal 25-26 tiap bulannya. Nah, pas abis keguguran kemaren, aku gak dapet period lagi. Aku pikir, mungkin siklus aku bakalan normal lagi bulan Januari atau Februari, soalnya itu juga yang dibilang sama temen aku yang pernah keguguran juga. Trus, sekitar pertengahan Januari, kalo gak salah sekitar tgl 11-an aku coba tes pake home pregnancy test gitu, hasilnya negatif. Iseng doang, soalnya badan aku rasanya kok beda. Ya udah, aku pikir palingan aku PMS, mo dapet mens. Tapi, pas tgl 21, aku coba tes lagi, soalnya badan aku rasanya makin aneh. Terutama bagian dada ituh, soalnya bengkak dan gak comfortable banget. Dan kali ini, hasilnya positif. Garisnya udah tebel banget. Gak pake samar-samar segala. Nah loh, langsung bingung. Aku sampe beli 3 merk pregnancy test supaya yakin kalo hasilnya bener-bener positif. Dan semuanya emang nunjukin hasil positif.
Langsung deh laporan sama si abang. Dianya juga kebingungan. Kok bisa..? Ya bisa laah, orang niat juga bikinnya.. *HUSH..!!*.
Si abang langsung suruh aku buat banyak istirahat. Lah akunya malah gak mau. Maksud aku, kepengennya sih hamil kali ini aku pengen biasa aja. Gak mau terlalu hati-hati banget, dan gak mau terlalu dipikirin. Takutnya, kalau dibawa terlalu hati-hati, yang ada nanti aku jadi parnoan, gak berani ngapa-ngapain. Pokoknya, bismillah aja, aku percaya kalau aku terus berdoa dan gak ngelakuin hal-hal ekstrim *jungkir balik atau bungee jumping misalnya =)* insya Allah kehamilan aku ini sehat terus sampe waktunya ngelahirin nanti.
Setelah ketauan positif gitu, aku juga enggak mutusin buat buru-buru ketemu sama dokter. Santai aja lah. Rencananya, malahan dua minggu kedepan baru aku mau ke lab buat cek darah. Ya udah, pas ke lab dan ternyata emang positif. Baru deh bikin appointment ketemu dokter. Aku sih kepengennya ketemu sama dokter yang dulu nanganin kehamilan pertama aku, maksudnya biar dia udah tau sejarah kehamilan aku dari dulu-dulu. Emang sih, jarak tempat prakteknya sekitar 40 menit dari rumah, tapi aku pikir, gak apa-apa deh, toh gak tiap hari ini. Lagian di tempat aku sekarang ini, aku bener-bener buta banget sama OB/GYN yang praktek deket rumah. Udah cari informasi, tapi kok kebanyakan laki-laki ya..? Aku kan kepengennya di tanganin sama perempuan, biar enakan aja, bukan karena dokter laki-laki gak bagus loh yaa..
Tapi.. nasib oh nasib. Aku baru dapet appointment tgl 29 feb besok, dan itu hari Jumat. Waduuh.. gak bisa dong ya, soalnya hari itu pas kebeneran adeku lagi ga ada dirumah dan dia bawa mobil, sementara si abang kerja seharian. Akhirnya aku cancel appointment minta supaya hari senin atau rabu, biar abang ato adeku bisa nganterin aku. Bisa sih, tapi baru dapetnya nanti tgl 19 maret jam 1 siang. Yaaa ampuun.. tuh dokter banyak amat ya pasiennya..?? Ya udahlah, ga apa-apa. Mudah-mudahan gak ada apa-apa sampe nanti ketemu dokter. Mungkin nanti aku bakalan langsung di ultrasound untuk tau berapa umur kehamilan aku. Soalnya, untuk saat ini, ada dua perkiraan tentang umur kehamilan aku. Yang pertama, tanggal hari pertama mens terakhir diitung dari tanggal seperti biasa aku dapet regular period, yaitu tgl 25. Kalau pake itung-itungan itu, umur kehamilan aku sekarang udah 8 minggu lebih. Yang kedua, tanggal hari pertama mens terakhir diitung dari pas aku keguguran, berarti umur kehamilan aku udah lebih dari 10 minggu. Kalau kata mamahku sih, kemungkinan ngitungnya dari tanggal pas aku keguguran itu, soalnya pas aku tes tanggal 21 januari aja garisnya udah tebel banget. Jadi ada kemungkinan, pas aku tes tgl 21 itu, umur kehamilan aku udah lebih dari 4 minggu. Yah, kita liat nanti aja ya.. Yang pasti sih, mohon doanya yaaa.... =)

Labels:


mrs.netta stayed home at 8:26 AM

1 yang kasih komentar

Monday, February 18, 2008

attar 23 mos

Sebulan lagi nih anak bakalan 2 taun. Yeahh.. makin gede aja anak gw, hihi.. Alhamdulillah, perkembangan nambah terus. Ya iya dong, kan dikasih makan =). So far, ini dia yang dia bisa di bulan ke 23 inih.

1. Almost perfect A-B-C

Attar udah hampir hafal semua alphabet. Bisa nyusun puzzle alphabet sendiri dan ngomong ke kita itu huruf apa *kalau yang dia tau*. Kalau yang dia gak tau, ya sama dia cuma ditaro aja di papan puzzlenya.
Kalau disetelin video ABC di youtube, ngikutin nyanyi. Cuma ya itu tadi, dia cuma ngikutin huruf yang dia tau doang. Tepatnya ginih..

Ei-Bi-Si-Di-I-diem-Ji-diem-Ai-Je-Kei-Kei *L* -Kei *M* -Kei *N* -O-Pi-diem-diem-Ess-diem-diem-Wayu-diem-Way-Zi

Iyah, dia kalo ga tau diem. Tapi kalo huruf berikutnya tau, ngikut nyanyi. Dan dia juga nyebut huruf L-M-N itu "Kei" gak tau tuh kenapa. Lidahnya belom ngeh kali. Biarin aja, ntar juga ngeh sendiri.

2. I am a singer

Yang namanya lagu anak-anak Sherina, attar udah hampir sempurna ngikutin kata-katanya. Malahan, kalau di youtube, video klip sherina kan suka ada kata pengantarnya tuh dari Sherina, dia udah apal loh kata-kata yang bakalan diucapin Sherina, sampe gerak-gerak tangannya dia udah tau. Kita dirumah suka takjub gitu kalau ngeliat attar lagi ngikutin lagu-lagunya Sherina. Gak nyangka aja, dia cepet banget apalnya. Salah satu lagu yang dia udah apal tuh yang judulnya Pelangiku. Kalau versi Sherina, kata-katanya begini :

" Titik-titik hujan..
Masih membasahi
Kala kau menyapa, pelangikuu..

Ingin, ku berlari jumpa bidadari
Bawalah, aku pergi bersamamu..
Bisikkan kisah yang lucu, nyanyikanlah lagu merdumu
Merah kuning jingga dan ungu
Sentuhkan warnamu dalam gaunku..."

Kalau versi Attar :

" Titi-titi jaan..
Acii asahi
ala enyapa angiku..

Ngiin, ku ali mpa dadai
Alaah ku egii amamuu... *monyongnya minta ampun, asli dah..!*

Ikaan sah ucuu, nyialah gu dumu
lah ungu *langsung ungu*
Apapatata unkuuu... *berhubung sherina nyanyinya rada kenceng&cepet, dia jd merepet*

Beneran deh, kalau dia lagi nyanyi, aku suka ngerubungin sama daddy atau tantenya. Trus kita semangatin, kalau dia udah selesai nyanyi, kita tepokin tangan. Hiburan banget. Soalnya, sambil nyanyi, ekspresinya dia tuh aneh-aneh. Kepalanya dimiringin, bibirnya dimonyongin, waah.. ada aja deh pokoknya. Videonya ampe banyak kalau dia lagi show, tapi blom diaplotin ke youtube, masih males, ntaran aja deh.


3. Mommy.. Buti..

Kalau sarapan atau lagi pengen ngemil, sekarang udah bisa minta roti panggang ke aku. Ngomongnya gini :

" Mommy.. buti.." *Mommy, roti* sambil nunjuk roti sama panggangannya di dapur.

4. Akuuk.. akuukk..

Udah tau rasa takut. Gak tau ngerti dari mana. Kalau ngeliat gambar yang rada aneh atau serem di tipi ato dimana aja, langsung tereak.

" Mommy.. akuukk.. akuuuk..." *takut* sambil badannya gelisah trus berusaha meluk orang yang ada dideketnya.

5. Always saying thank you and alhamdulillah

Semakin sering aku ajarin bilang thankyou kalau abis nerima apa aja, sekarang kalau abis dikasih apa aja sama orang, udah otomatis bilang "ecuu..". Gitu juga kalau dia burping abis makan atau bersin, udah otomatis bilang "hamdulilaah..". Kalau abis baca doa sebelum tidur, selalu ngusap mukanya sambil bilang amiin. Padahal ngusap muka abis berdoa gak wajib kan ya..? Tapi gpp deh, alhamdulillah banget dia udah ngerti.

6. (Berusaha) make baju sendiri

Kalau abis mandi, sekarang dia suka pengen make baju sendiri. Tapi masih belom bisa. Cuma taunya masukkin tangan ke lubangnya, tapi ga tau cara masukkin kepala. Nanti ya nak, pelan-pelan mommy ajarin.

Yah, so far itu aja sih yang keliatan nonjol. Kalo yang laennya sih, standar-standar aja. Rewelnya juga standar, jerit-jerit plus guling-guling doang *loh..??*. Makannya juga biasa aja, masih 3x sehari plus 2x ngemil. Tidurnya, masih bablas ampe pagi, ga ada gangguan. Potty trainnya..?? Acak-acakan, tau deh mesti gimana lagih, udah abis ide. Ntar kali nunggu neneknya dateng, biar ada supporter *hiih.. ngeles*.

Labels:


mrs.netta stayed home at 11:14 AM

0 yang kasih komentar

Friday, February 15, 2008

edited : my dad's last moment..

Seperti yang udah diposting sebelomnya, ternyata cerita saat-saat terakhir papa bukan seperti yang aku tulis beberapa hari yang lalu. Kayanya, aku yang salah tangkep ceritanya, atau mamaku yang ceritanya sambil nangis makanya aku jadi ga ngeh.
Intinya sih, sehari sebelum papa meninggal, papa sempet bangun, seger. Malahan semept makan banyak pula, padahal kan biasanya boro-boro mau makan. Minta dipotongin rambut, cukur kumis trus mandi. Bisa solat subuh juga malahan *sambil diri*.
Besoknya, langsung deh kondisinya ngedrop, sampe masuk ICU. Dokter nyuru papa untuk disedot dahaknya, karena diduga di paru-paru papa banyak cairan. Cuma berhubung di rumah sakit itu alat penyedot dahaknya kecil dan daya sedotnya gak terlalu kuat, makanya dokter nyuruh papa untuk dibawa ke RS. Cirebon yang jaraknya sekitar 1 jam dari RS. Majalengka.
Nah, diperjalanan ini kondisi papa bener-bener kritis. Di ambulan, suster yang jagain papa bilang ke mama kalau kondisi papa kritis dan nawarin mamaku untuk nuntun papa baca syahadat. Ya udah, akhirnya mama pindah duduk ke posisi deket kepala papa. Sambil pegang tangan papa, mama ajak papa untuk ngikutin mama. Trus papa nyanggupin sambil ngangguk. Ya udah, pelan-pelan mama tuntun papa baca syahadat sama baca shalawat nabi. Yang terakhir, mama tuntun papa baca Laailahailallah. Alhamdulillah, papa dengan lancarnya ngikutin itu semua. Cuma, di bagian terakhir, suara papa emang udah agak menurun. Abis itu, papa tidur *yang ternyata udah meninggal*. Mamapun pindah lagi duduknya. Saat itu, mama masih gak ngeh kalau papa udah meninggal. Baru ketika suster periksa denyut nadinya, ternyata papa emang udah meninggal. Huhuuu.. papa meninggal salmbil dipeluk mama.

Ya Allah.. *berurai aer mata lagi deh gw..!!*

Labels:


mrs.netta stayed home at 11:11 AM

0 yang kasih komentar

Wednesday, February 13, 2008

mukena boy


Kalau sehari-hari maen sama mommynya mlulu, akibatnya ya begini inih... Kamu ini anak laki gitu loh, pake sarung ya nak...


Labels:


mrs.netta stayed home at 10:19 AM

Tuesday, February 12, 2008

papa datang di mimpiku...


Selesai papa dikubur waktu Indonesia, aku disini udah tidur, pules. Cape banget. Apalagi seharian nerima tamu temen-temen disini yang datang buat ngucapin belasungkawa sama kasih support moril buat kita.

Jam 12 siang, rombongan keluarga mas cepy+mba novi dan anak-anaknya sama mba eni datang. Trus kita solat dzuhur bareng dilanjutin sama solat gaib trus yasinan. Abis itu, mas cepy yang emang suka kasih petuah-petuah agama, kasih kita wejangan dan kesan-kesannya selama kenal papa *papa emang paling deket sama mas cepy kalau nengokin aku kesini, karena mereka suka diskusi masalah agama*. Alhamdulillah, bikin hati aku tenang dan ngerasa lebih ringan.
Rombongan kedua sekitar jam 3, datang andri, kathy dan mba nini. Mereka juga punya kenangan tersendiri sama papa, soalnya papa sering juga main sama mereka kalau lagi disini.
Rombongan ketiga dan terakhir, datang keluarga mas wayan+mba tarti dan anak-anaknya dan mba titin. Kalau mba titin itu suaminya orang bule sini, dulu sering ngajakin papa jalan-jalan plus makan-makan. Malahan sempet bilang mau ajak papa mancing ikan kalau papa kesini lagi, sayang, udah ga bisa ketemu lagi.
Alhamdulillah, mereka semua kasih kesan-kesan positif selama kenal papa.

Abis solat subuh pagi ini, aku berdoa dalam hati minta ketemu papa dalam mimpi. Soalnya aku udah kangen banget sama papa. Alhamdulillah, doa aku didenger Allah. Abis subuh, aku tidur lagi, soalnya kepala masih keliyengan gara-gara kurang tidur kemaren. Trus, aku dikasih mimpi deh. Gini ceritanya..

Ceritanya, aku ketemu papa dengan gaya khasnya setiap mau solat. Pake baju koko, sarungan sama peci itemnya. Papa gak kurus di mimpi aku. Tapi gemuk dan sehat sama kaya waktu papa belum sakit dulu. Semua adek-adek aku juga ada di mimpi aku. Kita semua kumpul di ruangan berkarpet yang kosong, gak ada apa-apanya. Papa duduk sambil kakinya selonjoran. Aku tiduran di paha sebelah kanan, adekku nida yang nomor dua tiduran di paha sebelah kiri. Adekku nia yang nomor tiga mijitin telapak kaki sebelah kanan, adekku vika yang nomor empat mijitin telapak kaki sebelah kiri, sementara adekku icha yang bungsu, gelendotan sambil meluk leher papa dari belakang. Lucu ya, papa dikerubutin 5 cewe cantik, hihi.. Kita emang dulu sering kaya gini sama papa kalo lagi ngumpul. Apalagi kalo mo deket-deket lebaran, biar dikasih THR gede, gyahahaha.. maap Pah =).

Trus, papa mulai ngomong, lagi-lagi dengan gaya khasnya kalau lagi nasehatin kita anak-anaknya.

" Papa udah capek. Papa pengen tenang. Lagipula, papa percaya kalau sekarang anak-anak papa udah bisa ditinggal dan bisa mandiri. Papa juga percaya, kalau ilmu yang papa ajarin untuk kalian, udah cukup untuk bisa kalian pake buat ngejalanin hidup ini. Papa sekarang udah tenang. Papa cuma pengen kalian jagain mama. Seneng-senengin mama, jangan bikin hatinya sedih."

Abis itu aku kebangun. Berasa ringan. Lega dan bersyukur. Papa keliatan seger banget di mimpi aku. Gak kaya poto terakhir yang dikirim adekku. Kuruuuuuuss dan kuyuuuuu banget.

Aku coba telepon rumah, tapi mama sama adek-adek udah pada tidur, kecapean. Akhirnya aku ngobrol sama tanteku aja. Subhanallah, yang datang ke rumah banyak banget. Temen-temen sma sama kuliah aku aja banyak banget yang datang. Zaman aku sma, rumah aku emang sering dipake base camp ngumpul anak-anak kalau ada acara buka puasa bersama atau cuma sekedar nongkrong-nongkrong doang. Papa juga kadang suka ikutan nimbrung sok-sok becandaan sama temen-temen aku. Biasalah, biar dibilang berjiwa muda *ya gak pa..? hihi..*. Papa juga deket banget sama 3 sahabat sma aku leny, emilia a.k.a. cano sama ika. Kalau mereka main kerumah, papa juga sering kasih nasehat atau becandaan sama mereka. Makasih ya say, udah kerumah dan bantu nenangin adek-adek, i owe you guys a lot. Kalau gue balik, kita ngrumpi lagi ampe subuh, hihi..

Aku masih pedih kehilangan papa. Tapi, orang-orang bilang, time will heal. Insha Allah, seiring berjalannya waktu, aku bisa ngatasin perasaan sedih ini. Tentunya tanpa harus ngelupain papa. Hai pa.. bahagia disana yaah.. =).

Labels:


mrs.netta stayed home at 7:27 AM

4 yang kasih komentar

Monday, February 11, 2008

Papa sayang...

KELUARGA BESAR PAPA, MINUS AKU SAMA NIA, LEBARAN 2006


Betapa dalam rahasia Allah, betapa besar kuasa Allah. Innalillahi wainailaihi rajiun..

Telah berpulang dengan tenang, Dedy Sutardi, papa dan kakek kami tercinta, hari senin jam 12.30 waktu indonesia barat.

Iyah, akhirnya Allah lebih sayang sama papa, dan Allah lebih tau apa yang terbaik buat papa. Hilang semua segala sakit yang diderita papa, digantikan dengan kebahagiaan bersama Rabb-Nya, sang pencipta Allah SWT.

Kronologis cerita ini, sengaja aku bikin supaya kelak bisa dibaca dan dikenang sama cucu-cucunya papa nanti.

Seperti postingan sebelumnya, setelah berobat ke beberapa dokter di beberapa rumah sakit, akhirnya papa mutusin buat coba pengobatan alternatif di daerah Cirebon. Ternyata, disana kondisi badannya justru makin ngedrop. Untuk antisipasi, mama masukin papa ke ICU RS. Majalengka untuk penanganan secepatnya. Disini, dokter justru nemuin diagnosa baru, yaitu cuma ada jamur di paru-paru papa, bukan kanker atau tumor seperti yang selama ini dikhawatirin. Bahkan dokter sempet ngejamin dalam 2-3 bulan bisa sembuh seperti biasa kalau minum obat secara rutin.
Dua hari kemudian, tepatnya hari sabtu, papa tiba-tiba sadar dari tidurnya. Bisa bangun, jalan dan ngobrol sama mama. Padahal sebelumnya, diajak ngomong pun ga bisa jawab sama sekali. Yang pertama dicari, cucunya, attar. Mama langsung bilang kalau attar ga disini, nanti kalau papa sembuh kita tengokin attar kesini. Trus papa ketawa. Gak lama, minta dicukurin rambut. Kebeneran kakaknya mama (Wa Cicih) dulu pernah punya salon, jadi bisa nyukurin rambut papa. Dan papa emang minta dicukurin rambutnya sama Wa Cicih itu. Trus papa juga minta diguntingin kukunya. Sama mama juga minta mandi. Abis itu, papa ceriaaa banget. Ngobrol-ngobrol tentang planning dia ke depan mau gimana, rencananya mau umrah bareng sekeluarga, trus tentang gimana senengnya dia mau punya cucu lagi. Iyah, insha allah aku hamil lagi sekarang, udah 7 minggu =).
Mama juga seneng banget, sampe langsung sms aku tentang perubahan drastis papa. Aku juga udah seneng, tapi hati kecil aku ngerasa gak enak, berasa kalau perubahan sikap papa terlalu drastis. Tapi aku tetep berusaha mikir positif, siapa tau doa kita sekeluarga supaya papa sembuh, mulai diijabah Allah.
Sorenya, papa ngedrop lagi. Dari situ, kondisinya bener-bener parah. Badannya menggigil dingin, diajak ngomong pun gak bereaksi, cuma sesekali lafal dzikir masih keluar dari mulut papa. Matanya pun udah gak keliatan itemnya, tapi udah putih semua. Mama langsung sms aku, minta aku telepon secepetnya. Langsung aku telpon, dan aku minta ngomong sama papa, walopun papa gak ngerespon. Aku mulai nangis, minta maaf dan ngomong segala macemnya buat nyemangatin papa. Alhamdulillah, papa ngejawab, walopun cuma bilang "iyaa.. iyaa..". Abis itu, aku diingetin mama supaya jangan terlalu tegang, mama nasehatin aku supaya mikir kandungan, jangan sampe keguguran lagi. Aku langsung istighfar, dalam hati udah berusaha ikhlas seandainya papa harus pergi.
Selesai itu, aku telepon adekku, nyuruh dia telpon papa buat pamitan sekalian minta maaf. Trus, aku yasinan diruang tengah sama attar. Tapi tetep gak bisa khusuk, yang ada aku nangis terus, kebayang momen-momen di hidup aku yang aku lewatin sama papa.
Jam setengah satu pagi, kita semua udah tidur, tau-tau adekku masuk kekamar aku sambil nangis dan kasih tau kalau papa udah gak ada. Innalillahi.. aku shock. Sampe teriak segala. Gak percaya. Sekitar 15 menitan aku berusaha ngontrol diri aku sendiri, sampe akhirnya aku sadar, air mata justru memperberat langkah papa menuju Rabb-Nya. Aku juga berusaha nenangin adekku yang shock berat.
Aku coba telepon mama, ternyata mama masih gak bisa diajak ngomong. Sejam kemudian, mama yang nelpon aku minta ditelpon balik, akhirnya aku telepon balik. Dan mama mulai cerita saat-saat terakhir papa.
Mama sendiri gak tau kalau papa udah ga ada. Yang mama denger terakhir kali, papa ngucap "Laailahailallah.." trus mama liat papa tidur. Gak ada gerakan sedikitpun dari badan papa. Gak ada rintihan ataupun reaksi saat malaikat maut ngejemput papa. Begitu suster periksa datang, baru dikasih tau kalau papa udah ga ada. Subhanallah, betapa indahnya Allah memanggilmu Pah.. Betapa indahnya papa pergi dalam keadaan menyebut nama Tuhannya. Insha Allah, papa diberi tempat terbaik disana. Insha Allah..
Sesuai pesen terakhirnya, papa minta pulang ke Jakarta dan dikubur di Jakarta. Akhirnya, kita sepakat buat ngubur papa di Tanah Kusir, dengan alasan deket sama rumah dan kalau adek-adek mau ziarah, gampang.

Yah, kehilangan orang terdekat emang selalu nusuk perasaan. Padahal aku ada rencana pulang abis ngelahirin nanti. Adekku yang ada rencana pulang bulan februari ini, malah ga mau pulang. Udah terlambat, katanya. Pulang juga gak akan ketemu papa. Sedih, karena papa belum sempet liat attar lagi dan cucu keduanya nanti. Tapi, kalau inget penderitaan papa selama sakit, aku ikhlas papa pergi. Ke tempat yang gak kenal rasa sakit, ke tempat dimana hidup abadi sebenernya terjadi. Pah.. selamat jalan.. Semoga kita bisa kumpul lagi di syurga-Nya nanti. You are the best dad.. ever..!!

edited: papa pergi gak didampingin semua anak-anaknya. Papa adil. Saat papa gak ada, adek-adeku yang laen masih dalam perjalanan menuju rumah sakit.

Labels:


mrs.netta stayed home at 6:09 AM

8 yang kasih komentar

Friday, February 08, 2008

mystery diagnosis....??

Ini tentang papaku lagih. Udah hampir 6 bulan ini papa emang sakit. Diagnosanya juga macem-macem. Pertama kali, berobat ke RS. Cipto, katanya ada indikasi tumor paru ganas. Di lempar ke RS. Persahabatan (khusus paru-paru), katanya tumornya gak ganas, malahan kecil dan belum ada penjalaran. Malahan sempet dicurigain TBC. Setelah diobatin ini itu, sampe radiasi segala, kondisi papa malahan naek turun. Kadang sehat, kadang ngedrop banget. Sekarang, lagi konsultasi ke dokter spesialis baru, hasil pemeriksaannya beda lagi. Berdasarkan hasil lab darah, dahak dan sebageinya, ternyata kadar tumor papa rendah banget, bahkan bisa dibilang normal. Yang ditemuin malah penyakit baru. Ada jamur di paru-paru papa. Dokter bisa ngejamin sembuh dalam 2 bulan kalau papa minum obat antibiotik secara teratur. Jamur itu kan emang cuma bisa dilawan sama antibiotik.
Perasaan aku..? Jelas bahagia. Berasa nemu harapan baru kalau papa bakalan sembuh. Semoga setelah ini, perjalanan panjang papa buat sembuh berenti sampe sini. Aku pengen papa sembuh, biar bisa nimang cucu lagi =).

Labels:


mrs.netta stayed home at 9:08 AM

0 yang kasih komentar

Thursday, February 07, 2008

Kalo anakku bener-bener mulai (ngeh) ngomong


Minum


Kalau attar nangis, gara-gara apaaa aja yang bikin dia gak suka, nada tangisannya udah bukan kaya nangis biasa aja. Tapi diselingin aneka kata-kata yang tujuannya supaya aku sebage ibunya mengasihani.

Attar : " Huu..huu.. mommy..mommy.. aduuh..aduuh.. huu..huu.. daddy..daddyy.. no.. noo.. nooo..."

Mommy : " Uuuh.. kenapa nak..? sini-sini, pelukan sama mommy.."
Attar : " Huuu..huu.. minyem.. minyem.." *minum*

Idiiihh, pengen minum aja mesti nangis kaya gituh. Plis dong ah..

Ini laen cerita.

Suatu siang, mommy suapin attar makan. Seperti biasa, kadang ada makanan yang jatoh dan mommy ga nyadar.

Attar : " Mommy.. atoh.. atooh.." *jatoh*
Mommy : " Apanya yang jatoh..?"
Attar : " Inih.. inih.. atoh.." sambil nunjuk remah makanan yang jatoh.

Kuee.. kueee...

Kalo pas snack timenya attar, aku suka kasih dia cookies atau kue yang suka aku bikin sendiri. Begitu aku kasih kuenya, attar langsung ngomong :

" KUEE.. KUEEE..." dengan nada yang mirip sama tukang jualan kue keliling di indo =).

Serunya nonton tipi

Kalau aku lagi sibuk masak di dapur, aku suka ninggalin attar di ruang tengah sambil nonton tipi atau nonton video lagu anak di youtube sendiri. Nih anak kalau udah disetelin chanel sprout atawa nogg, bisa anteng berjam-jam. Kalau dulu nonton doang, kalau sekarang, ngikutin ngoceh doong. Kadang, kalau denger dia ngoceh nginggris, aku yg di dapur suka cekikikan sendiri dengernya.

tipi : " yes.. i know.. i know.."
attar : " ano.. anoo.."
tipi : " horraayy...."
attar : " hoyeee..."
tipi : "... i don't know.."
attar : " a no now.."
tipi : " one.. two.. three.."
attar : " a cu ciii.."

Ademen *spiderman*

Mommy : *nunjuk boneka spiderman* "ini siapa tar..?"
attar : " ademeeeenn..." sambil ngangkat tangannya ke atas, tau maksudnya apaan.

Utah *muntah*


Attar lagi teething gigi geraham kiri atas. Ini gigi ke-19nya attar. Udah nongol sih dikit, tapi dia jadi suka gigit-gigitin jarinya sampe kadang suka kaya kelolodan mo muntah gitu.

Mommy : " Attar, jangan masukin tangan dalem-dalem, ntar muntah."

Besoknya, kalau dia ngelakuin lagi dan udah kepengen muntah, dia langsung bilang:

Attar : " Utahh.."

Yeeeeyy...

Labels:


mrs.netta stayed home at 12:34 PM

1 yang kasih komentar

Friday, February 01, 2008

mimpi



Kemaren mimpi, makan rujak bebegnya abang-abang yang dipikul itu. Aduh, pisang batunya berasa banget. Bangun tidur kepala langsung geliyengan. Sedih mikirin dimana nyari tukang rujakbebeg disini. Untungnya kemaren malem si abang bikin asinan buah. Lumayan, ngilangin penasaran, walopun masih ada hasrat sama si rujak bebeg pisang batu ituh.. Fyuuh..

Tadi siang ngikut tidur siang sama attar. Walopun cuma sejam, tapi sempet mimpi juga. Kali ini mimpi makan gultik (gule tikungan or gule tikus..??) langganan yang didepan aquarius mahakam itu. Duh, mimpi kok yang nyusahin. Bangun tidur, kepala juga langsung geliyengan. Buka kulkas, ternyata ada kacang panjang sama labu siyem. Langsung niat bikin lontong sayur. Untung ada sisa daging sedikit buat dipake tetelan. Alhamdulillah, puas, walopun lebih puas kalo bisa makan gultik..!

Akhirnya, pikiran jadi ngerembet kemana-mana. Secara aku ini orang yang demen banget hunting jajanan kaki lima waktu di jakarta dulu. Mau sama temen kuliah atau sama keluarga, pokoknya hidup kaki lima...!

Jadi inget mie ayam langganan di belakang kampus trisakti grogol *tepatnya deket kos-kosan temen*, trus warung jajan di sektor 9 bintaro, nasi goreng pasar bintaro sektor 2, sate ayam di pasar mayestik, bubur betawi di parkiran pasar kebayoran lama, bakwan mey-mey yang ada di makro ciputat, tongseng di pinggir jalan rempoa, sate padang, bla.. blaa.. blaa.. blaaa... blaaaaaaa....

I think i really really really need to go home for a while.. demi memuaskan hasrat hati ketemu sama abang-abang tukang kaki lima ituh.. masih ada gak ya mereka..??

Labels:


mrs.netta stayed home at 4:06 PM

3 yang kasih komentar

tentang aku

netta
scorpio
turning 26
abang firman's wife
attar & arayya's mom
a happy homemaker
living happily in Virginia

yesterday

PINDAHAN
Pipis
The 1st 4 steps
Akhirnya..
The 1st step
Sendiri aja
Sakit
VA beach
attar dan sekolah
ade rayya and solid foods

monthly

January 2006
February 2006
April 2006
May 2006
June 2006
July 2006
August 2006
September 2006
October 2006
November 2006
December 2006
January 2007
February 2007
March 2007
April 2007
May 2007
June 2007
July 2007
August 2007
September 2007
October 2007
November 2007
December 2007
January 2008
February 2008
March 2008
April 2008
May 2008
June 2008
July 2008
August 2008
September 2008
October 2008
November 2008
December 2008
January 2009
February 2009
March 2009
April 2009
May 2009
June 2009
July 2009
January 2010

ini-itu

me on prenster
my videos on youtube
another blog *crazy version*
Neta Firman's Facebook profile

friends

adekku * chia * keluarga nugraha * teh roro * mamah amalia * uni riz * erma * nabilla * mamah ani * mommy kiky * nora * neli * de-salsa * kelambu * teh opi * tyka* bunda shafiyya * gege-zebby * ruthy-joshua * mommy syifa * evy * ayu * teh lia * lenny * ibu aurel * dhira * deazy *

daily read

youtube
ebay
liputan6
femina
detikhot
detikfood

say something


others

info

for best view use Internet Explorer

sing