Sunday, June 15, 2008

when you live far.. far.. far.. away


Pagi ini, dapet sms dari Chia, isinya:

" Net, eyang gua yg kmrn sakit itu, meninggal hari ini.. Mohon doanya ya..."

Kaget plus sedih, karena aku tau banget rasanya ditinggal pergi sama keluarga deket untuk selama-lamanya itu kaya gimana, apalagi kalau kita enggak bisa ngeliat untuk yang terakhir kalinya.
Selama aku disini, aku udah kehilangan beberapa anggota keluarga. Dua taun yang lalu, aku ditinggal pergi Abah *kakek*. Sedihnya enggak ketulungan, soalnya aku bisa dibilang deket banget sama abah. Dia ikut nyaksiin acara lamaran aku plus selametan acara nikahan aku. Beliau juga banyak kasih aku nasehat-nasehat yang masih sering aku praktekin sampe sekarang ini, termasuk doa-doa yang beliau kasih sebelum aku berangkat kesini.
Waktu abah meninggal, attar masih bayi banget. Kepengen pulang, tapi apa daya, banyak faktor yang bikin aku gak mungkin untuk pulang. Pertama, attar masih kecil banget dan surat-surat macemnya paspor juga belom jadi. Kedua, gak gampang juga buat aku ninggalin si abang dan adeku yang juga punya kesibukan yang susah buat ditinggalin secara tiba-tiba. Lagian, cari tiket pulang kan enggak gampang juga, . Trus mamaku juga bilang, kalau kamu pulang juga kamu gak akan ketemu abah, karena abah mau langsung dikubur hari itu juga. Setelah dipikir-pikir, bener juga, lebih baik ikhlas dan kirim doa dari jauh, karena itu yang lebih penting.
Abis itu, aku ditinggal pergi sama Mamangku *Om*. Beliau meninggal karena kecelakaan motor. Sedih lagi, karena gak bisa liat untuk terakhir kalinya juga.
Dan, belom lama ini juga aku ditinggal sama salah satu orang yang paling penting di kehidupan aku, Papa. Bulan februari kemaren papa meninggal karena kanker paru-paru, 5 hari sebelum ulangtaunnya yang ke 56 dan 10 hari setelah ngerayain 26 tahun pernikahannya sama Mama. Hasrat hati aku waktu itu udah menggebu banget pengen pulang. Adeku sama si abang juga udah setuju aja kalau aku kepengen pulang. Tapi ada ganjelan laen, waktu itu aku lagi hamil muda banget, baru masuk 7 minggu, dan 2 bulan sebelumnya aku abis keguguran. Waktu nanya ke dokter, sebaiknya aku menghindari segala jenis perjalanan yang makan waktu lama, karena kondisi rahim aku yang agak beresiko tinggi untuk keguguran. Akhirnya, aku harus bersikap rasional dengan mengikhlaskan untuk enggak ketemu Papa yang terakhir kalinya dan milih untuk nurut apa kata dokter. Toh kalopun aku pulang, aku juga enggak akan ketemu papa juga, karena sehari kemudian papa udah harus di kubur. Sampe detik ini, kalau aku inget kesitu, hati aku masih suka berasa sesak banget. Penyesalan masih ada, tapi lagi-lagi aku harus ikhlas.

Tinggal jauh *super-duper jauh* dari keluarga besar emang banyak resikonya. Ya contohnya kaya yang udah aku alamin ini. Belom lagi aku harus keilangan momen gak hadir di pernikahan adeku yang nomor 2, Nida tanggal 29 besok. Lagi-lagi, aku harus bisa ikhlas, karena inilah resiko dari jalan hidup yang udah aku pilih. Biar gimanapun, disinilah tempat aku tinggal sekarang, sama suami dan anak. Sering aku berdoa supaya aku bisa dikasih jalan sama Allah untuk suatu saat bisa tinggal berdeketan sama keluarga besar di Jakarta lagi. Mudah-mudahan. Rencana sih udah ada untuk kita pulang, dan semoga kali ini enggak ada kendala lagi. Amiin..

Untuk Chia, yang sabar ya bu.. Kan taun depan udah deket-deketan tuh sama keluarga.

Labels:


mrs.netta stayed home at 11:03 AM

0 yang kasih komentar

tentang aku

netta
scorpio
turning 26
abang firman's wife
attar & arayya's mom
a happy homemaker
living happily in Virginia

yesterday

all the way to 20
bawaan bayi...??
pregnancy, the latest news
the little gym summer class
kalau lampu mati
Adekku dilamar
spelling bee
the unpredictable words
kalau attar ditendang ade baby
suatu sore di walmart

monthly

January 2006
February 2006
April 2006
May 2006
June 2006
July 2006
August 2006
September 2006
October 2006
November 2006
December 2006
January 2007
February 2007
March 2007
April 2007
May 2007
June 2007
July 2007
August 2007
September 2007
October 2007
November 2007
December 2007
January 2008
February 2008
March 2008
April 2008
May 2008
June 2008
July 2008
August 2008
September 2008
October 2008
November 2008
December 2008
January 2009
February 2009
March 2009
April 2009
May 2009
June 2009
July 2009
January 2010

ini-itu

me on prenster
my videos on youtube
another blog *crazy version*
Neta Firman's Facebook profile

friends

adekku * chia * keluarga nugraha * teh roro * mamah amalia * uni riz * erma * nabilla * mamah ani * mommy kiky * nora * neli * de-salsa * kelambu * teh opi * tyka* bunda shafiyya * gege-zebby * ruthy-joshua * mommy syifa * evy * ayu * teh lia * lenny * ibu aurel * dhira * deazy *

daily read

youtube
ebay
liputan6
femina
detikhot
detikfood

say something


others

info

for best view use Internet Explorer

sing