Sunday, September 21, 2008

My miracle moment


Alhamdulillah, Allahuakbar..! Itu yang pertama kali aku ucapin waktu akhirnya Rayya bener-bener keluar dan langsung nangis sampe jejeritan. Begitu dokter naro dia di dada aku, yang ada aku jadi emosional juga, ikutan nangis sambil bisikin "assalamualaikum Arayya..". Gak percaya, bisa ngerasain meluk bayi sendiri yang masih berdarah-darah plus campur aneka rupa cairan dari dalem rahim. Iya, setelah dokter pesimis sama niatan aku yang mo coba natural childbirth, akhirnya Allah kasih unjuk kuasa-Nya.

Senin, 15 september 2008

Cek mingguan, periksa dalem dan bukaan blom nyampe 2, padahal minggu kmarennya udah 1. Langsung deh dokter kasih tau klo minggu depan bakalan dibikin jadwal c-section buat aku. Malemnya, aku sempetin solat hajat abis solat isya. Aku minta sama Allah supaya dikasih kemudahan dan kelancaran proses ngelahirin nanti. Apapun jalannya, aku tau itu yang terbaik Allah kasih. Dua jam kemudian, aku mules tiada tara. Rutin banget, aku itungin intervalnya udah tiap 4-5 menit. Tapi aku mau nyantai aja dulu. Dicoba bawa tidur, masih bisa tuh. Ya udah..

Selasa, 16 september 2008

Siap-siap mo pindahan, karena emang besok kita udah pindah ke apartemen baru. Kontraksi ngilang. Mungkin karena sibuk ini-itu kali yaa..

Rabu, 17 september 2008

Pindahan lancar. Kontraksi mulai dateng, tapi masih ngaco. Udah mulai keluar pinkish vaginal discharge. Tetep santai, dan banyakin dzikir tiap kontraksi dateng. Tengah malem, sekitar jam 12.30, kontraksi dateng lagi, kali ini strong banget dan teratur. Vaginal discharge juga udah mulai kemerahan. Masih berusaha tenang dan berusaha tidur. Tapi gak bisa, soalnya kebangun tiap 15 menit gara-gara kontraksi yang nikmatnyaaa luar biasa. Akhirnya, nunggu si abang sama mama sahur, abis subuh baru deh kita mutusin buat ke rs. Nyampe sana, dicek, ternyata udah bukaan 3. Disuruh nunggu 2 jam, kalo making progress, aku bakalan diadmit untuk stay. Sambil nunggu itu, aku jalan-jalan aja ngelilingin rs. Si abang sama mama juga udah aku suruh pulang aja. Ntar kalo emang disuruh pulang lagi, baru aku telpon suruh jemput.
Dua jam kemudian, dicek lagi, dan bukaan udah nambah jadi 4. Akhirnya, aku diadmit buat stay. Langsung aku telpon si abang dan nyuruh dia datang kalau aku udah masuk kamar.

18 september 2008 , 12.00 PM

Dicek lagi, aku udah bukaan 5. Alhamdulillah, terus nambah. Mules juga rasanya udah makin beda. Mulai ngegigit deh pokoknya. Trus, dateng deh dokter anestesi yang nanya soal epidural. Aku yang emang udah niatan gak mau di epidural,langsung bilang ke dokternya kalo aku mau coba ngelahirin tanpa pain medication apapun. Eh, rupanya dokter ini termasuk tipe yang nyeleneh. Dengan santenya doi bilang ginih :

" Kalo menurut saya, kamu itu HARUS dikasih epidural. Kamu kan tergolong high risk pregnancy dan chance untuk natural childbirth itu kecil sekali, jadi nanti kalau ada emergency, semuanya udah siap. Kamu tinggal ditambahin aja dosis obatnya, jadi operasinya bisa cepet.."

Walah.. sempet goyah tuh. Tapi aku bilang sama dokternya kalau aku bakalan kasih keputusan nanti. Dan dia juga make sure ke aku, kalau bisa sebelum bukaan 8 aku harus udah kasih kepastian, soalnya kalau udah bukaan segitu dan dikasih epidural, nanti bikin bayinya tidur dan itu gak bagus.

Untungya, nurse Jennie yang ngedampingin aku selama aku di rs itu supportnya luar biasa banget. Begitu aku curhat sama dia, dengan tegasnya dia bilang gini:

" Neta, semua perempuan yang punya rahim cuma 1 pun bisa aja beresiko untuk terjadi sesuatu yang emergency. Lagipula, kalo emang ada sesuatu yang sifatnya emergency sama aku, masih ada cara lain untuk kasih anestesi. Bikin kamu full asleep misalnya. Jadi kamu gak usah khawatir. Saya dukung niatan kamu yang mau coba ngelahirin tanpa pain medication. Soalnya, cervix kamu terus making progress, bayi kamu juga gak nunjukin tanda2 stress dan kamu juga rileks selama kontraksi dari tadi. Tapi, kalau kamu emang mau pake epidural, saya juga ngerti dan itu adalah hak kamu.."

Oh, yo weis. Kalo begitu, aku tetep gak mau pake epi.

02.00 PM

Bukaan udah almost 6. Mulesnya masih bisa diatasi sama breathing technique yang diajarin sama Jennie.

04.00 PM

Bukaan udah hampir 7. Datang lagi dokter anestesi. Kali ini beda orangnya. Tetep intinya berusaha nyuruh aku untuk di epidural. Aku gak kasih jawaban, karena aku mau konsul sama OB/GYN aku dulu. Lagi-lagi, OB/GYN aku hari itu (dr. Maralkal, yang cuantik bgt), berhasil ngeyakinin aku kalau aku making good progress dan chance untuk having natural childbirth tinggi. Ya udah, aku bilang sama dia kalau aku positif untuk gak mau pake epi.
Tiba-tiba, aku nangis. Mama nanya kenapa, aku bilang kalo aku tiba-tiba inget papa. Jadilah aku nangis sesegukan. Trus mama suruh aku zikir aja, jangan mikir aneh-aneh. Berusaha ngeyakinin aku kalau papa ada disitu nemenin aku.

05.00 PM

Si abang datang. Aku emang suruh dia istirahat dirumah dulu. Berhubung udah bukaan hampir 7, makanya aku suruh dia datang.

06.20 PM

Di cek lagi, kali ini bukaan masih di 7. Waduh, mulai slow nih progressnya. Akhirnya mama sama adeku plus attar pamitan mo pulang sebentar. Attar udah mulai rewel, mo dicoba ditidurin dulu. Lagian, rumah udah deket banget sama rs, cuma 15 menit. Jadi ya udah, aku suruh aja mama pulang dulu sambil nyiapin buat buka puasa.

06.35 PM

Dokter mutusin buat mecahin ketuban. Langsung basah deh. Lima menit kemudian, ternyata udah bukaan 8. Mulesnya udah luar biasa. Aku udah mulai ngaco breathingnya. Kadang udah mulai teriak juga.

07.00 PM

Bukaan 9. Aku udah makin ngaco. Ngoceh juga udah campur aduk bahasanya. Dari mulai Allahuakbar, sampe i can't stand it anymore, sampe aduuh sakiit..! pokoknya semua keluar deh.

07.05 PM

Berasa urge to push. Aku langsung teriak, DOCTOR I WANNA PUUUSSHH..!!. Begitu dicek, dokter bilang blom fully dilated, masih ada sediikiit lagi cervix yang blom open. Tapi aku udah gak kuat. Akhirnya sama dokternya diakalin, gak tau deh diapain sampe akhirnya dia bilang OK to push.

07.10 PM

Start pushing. Ya Allah, begini ya rasanya. Si abang diri disamping sambil megangin oksigen trus ngelapin keringet aku sambil berusaha jadi cheerleader yang pada saat itu menurut aku gak ada gunanya, hehehe..
Begitu aku ngeh, kok banyak banget orang diruangan aku. Ada kali 10 orang lebih. Ternyata, udah banyak dokter yang stand by kalau-kalau ada crash c-section plus student dari UVA medical school. Maklum, tempat aku ngelahirin ini kan emang university hospital.
Jujur, aku udah cape banget. Karena dari pagi buta aku kan gak makan plus gak bisa tidur pules, jadi pas pushing ini, tenaga aku udah abis-abisan. Malahan, sekitar lima menit pertama, aku ngantuk banget. Idih, godaan setan nih. Langsung aku sempetin istighfar dalam hati.
Akhirnya, dengan sisa-sisa tenaga, aku push sebisa aku. I screamed and screamed like crazy. Bodo amat deh. Udah gak bisa mikir. Sampe akhirnya, setelah gak tau deh berapa kali ngepush, anakku keluar juga. Alhamdulillaaah.. Allahuakbaaar.... Semua orang diruangan itu pada cheer me up. Termasuk nurse Jennie yang keukeuh gak mau pulang walopun shiftnya udah abis karena pengen nemenin aku terus.
Selanjutnya, aku udah kaya orang yang paliiing bahagia sedunia. Dokter sibuk ngelahirin placenta, sementara aku sibuk nyium2in si Rayya di dada aku.
Mama yang ditelepon, ternyata emang lagi on the way ke rs lagi setelah dikasih tau abang kalo aku udah siap ngepush sekitar 15 menit setelah mama pamit pulang. Nyampe rs, langsung deh aku peluk2an sambil nangis sama mama. Karena aku ngerasa kalo mama adalah orang yang udah paling berjasa sama aku, karena ngelahirin itu kan bener-bener perjuangan hidup dan mati.

Setengah jam, aku udah beres. Vitalnya Rayya juga bagus.

Time of birth : 07.37 PM waktu Charlottesville
Berat badan : 7 lbs 2 oz or 3.2 kg *mungilnyaa dibanding si attar dulu*
Panjang : 20 inches
Lingkar kepala : 13.5 inches

Abis itu, aku dikasih ice pad buat sore di bawah sana. Aah.. nikmat. Disuruh jalan ke kamar mandi pun udah bisa, walopun masih ngilu. Tapi kan better lah dibanding c-section, hihi..
Abis gitu, aku ditransfer ke recovery room. Hmm.. enaknya. Kamarnya sendiri. Ada kasur buat yang jagain juga. Trus boleh milih menu makanan buat breakfast, lunch ama dinner besok. Walah, kalo ada mie ayam, kayanya boleh juga tuh.. *laper bo'..*.
Ya udah deh, selanjutnya aku cuma leyeh-leyeh nonton tipi sambil bgemil sama si abang berdua. Ketawa-tiwi nyeritain pengalaman tadi sama si abang, yang kalo diinget-inget, si abang udah berasa jadi pelatih tinju. Soalnya dia sibuk ngelapin keringet sambil kasih air minum ke aku. Aah.. alhamdulillah ya Allah. I'm happy..

20 September 2008


PULAAANG..! Ibu dan bayi sehat, jadi boleh pulang deeh.. cihuuy.. Alhamdulillah ya Allaaah...

Labels: ,


mrs.netta stayed home at 5:32 AM

6 yang kasih komentar

tentang aku

netta
scorpio
turning 26
abang firman's wife
attar & arayya's mom
a happy homemaker
living happily in Virginia

yesterday

Our 2nd baby born
Pindahan *lagi*
39W2D check up
kalo attar nginggris
masih hamil
mama datang..
36W3D check up
35 weeks check up
and the battle begin
botox treatment for severe constipation

monthly

January 2006
February 2006
April 2006
May 2006
June 2006
July 2006
August 2006
September 2006
October 2006
November 2006
December 2006
January 2007
February 2007
March 2007
April 2007
May 2007
June 2007
July 2007
August 2007
September 2007
October 2007
November 2007
December 2007
January 2008
February 2008
March 2008
April 2008
May 2008
June 2008
July 2008
August 2008
September 2008
October 2008
November 2008
December 2008
January 2009
February 2009
March 2009
April 2009
May 2009
June 2009
July 2009
January 2010

ini-itu

me on prenster
my videos on youtube
another blog *crazy version*
Neta Firman's Facebook profile

friends

adekku * chia * keluarga nugraha * teh roro * mamah amalia * uni riz * erma * nabilla * mamah ani * mommy kiky * nora * neli * de-salsa * kelambu * teh opi * tyka* bunda shafiyya * gege-zebby * ruthy-joshua * mommy syifa * evy * ayu * teh lia * lenny * ibu aurel * dhira * deazy *

daily read

youtube
ebay
liputan6
femina
detikhot
detikfood

say something


others

info

for best view use Internet Explorer

sing