Saturday, May 26, 2007

dia sudah bisa ini-itu.. *fyuuhh..*

Setuju gak, klo aku bilang anak-anak kecil umur satu taunan di Indonesia, ada beberapa hal dasar yang harus musti, kudu, wajib dikuasain. Ini sih menurut aku loh, hasil pengamatan sepupu-sepupu kecil di Indo yang sekarang udah pada gede-gede *duh, jadi kangen ama mereka..*. Misalnya, tepuk tangan, dadah, salaman, kiss bye, mata genit (kedip-kedipin mata), joget, nunjuk-nunjuk beberapa anggota badan, monyong sama meletin lidah. Atau masih ada yang laen yang belon aku sebutin..? Okeh, itukan cuma contoh aja. Nah, dulu aku tuh sering banget nyuruh sepupu-sepupu aku ngelakuin hal-hal yang aku sebutin tadi. Trus, kayanya excited banget gitu kalo ngeliat mereka sukses ngelakuin hal yang kita suruh itu. Daaan, setelah aku punya anak, aku juga jadi otomatis gitu ngajarin attar hal-hal yang itu tadi. Dari mulai dadah sampe kiss bye. Lebih jelasnya, aku urutin satu-satu aja. Lagian, seru juga kalo attar udah gede trus insya allah blog ini masih ada, dia pasti bakalan ketawa-ketiwi gitu kalo ngebaca kelakuannya ini, hihihi...

1. Dadah

Aku mulai ngajarin attar "dadah" sejak umur 8 bulanan. Gak lama juga sih, saat itu juga dia ngerti. Tapi, masih banyak lupanya. Udah mulai bener-bener ngeh disuruh dadah pas umur 9 bulan. Sampe sekarang, setiap aku sama daddynya berangkat kerja, dia udah otomatis dadah-dadah sambil mulutnya juga ikutan ngomong "dadaah.. dadaahh..". Kalo sekarang, aku udah gak ngomong "dadah" lagi ke dia, tapi udah bye-bye. Soalnya, dia kan udah ngerti arti dadah versi bahasa Indonesia, sekarang pelan-pelan aku ganti jadi "bye-bye". Alhamdulillah, dia juga udah mulai waving kalo aku bilang "bye-bye", tapi ngomongnya masih tetep "dadah".

2. Tepuk tangan

Kalo tepuk tangan, attar udah bisa dari umur 9 bulan. Cuma, waktu itu tepuk tangannya masih belom sempurna. Kadang tangannya nepok, kadang dua tangannya digenggem trus di getok-getokin *bener gak sih bahasanya..?* ke dagunya. Lah kalo sekarang, tiap menit dia bisa tepok tangan mlulu. Malahan, saking demennya tepok tangan, sering banget deh dia ngelakuin tepok tangan pas baru aja bangun tidur. Aneh kamu nak..

3. Ini Gigi.. Ini perut.. Ini Kuping.. Ini Attar

Ngenalin anggota tubuh itu penting, supaya dia ngeh kalo misalnya suatu hari dia ngerasa sakit di bagian tertentu dan kita bisa tanya ke dia apa yang sakit. Untuk ngenalin anggota tubuh, aku ngajarinnya bener-bener telateeen banget. Kudu sabar, kudu rajin dan kudu cerewet. Untuk ngenalin gigi, aku ngajarinnya setiap dia sikat gigi pagi-pagi sama sebelom tidur. Selama proses sikat gigi, aku gak berenti-berenti deh ngomong kata gigi di depan dia. Misalnya, "Attar lagi ngapain..?? Ooh, lagi sikat gigi ya..? Mana giginya..? Ini gigi attar, waah.. giginya banyak ya..? Kalau mau bobo harus sikat gigi dulu yaa.. Coba mana mommy liat giginya..? Dsb.. dsb.. terus aja begitu tiap hari, akhirnya sekarang kalo aku tanya mana gigi, langsung jarinya nunjuk ke giginya.

Untuk ngenalin perut, aku ngajarinnya sambil bercandain dia. Kalo malem-malem lagi santai, aku suka iseng ajak dia ngobrol. "Perut attar mana..?" Trus, aku buka kaosnya sambil aku tiup-tiupin perutnya, trus aku ngomong "ini dia perut gendut..". Kadang, suka aku kelitikin perutnya sambil aku terus ngomong "mommy kelitikin ya perutnya..". Lama-lama, dia ngeh kalau itu perutnya. Sekarang, tiap ditanya perut mana, reaksinya langsung ngebuka kaos sambil mukul-mukulin perutnya.

Kalo ngenalin kuping, ini lewat lagu. Tau kan lagu anak-anak yang begini nih kata-katanya: "Dua kuping saya.. yang kiri dan kanan.. satu mulut saya.. tidak berhenti makan..". Kalau aku nyanyiin lagu ini, tangannya attar aku arahin ke bagian tubuh yang sesuai lagu. Hasilnya, tiap ditanya mana kuping, dua tangannya nutupin kuping kaya orang mau adzan.

Attar udah tau kalau dirinya itu "Attar", hehehe.. Aku suka aja nanya ke dia, Attar mana..? Trus, aku ajarin deh tangannya nepok-nepok dadanya sambil ngomong "ini attar mommy..". Akhirnya, sekarang tiap kita tanya "Attar mana ya..?" doi langsung heboh nepok-nepok dadanya sambil ngomong "inih.. inih..". Huaa.. senangnya dakuh..

Sekarang, aku lagi proses ngajarin ini idung sama ini rambut. Masih belom ngeh tuh dia, pusing kali ya kebanyakan ini itu..

4. Kiss bye

Kalo ini, bukan aku yang ngajarin. Tapi tantenya. Gara-gara tiap siang suka dijagain sama tantenya, ternyata attar jadi bisa kiss bye. Tantenya sih ngajarinnya dari dia umur setaun kemaren, tapi baru bener-bener jago dua minggu terakhir ini. Tiap abis dadah trus disuruh kiss bye, tangannya kanannya langsung dicium sambil mulutnya ngomong "baa..", hihihi.. kocak..!

5. Mata genit

Nah, ngajarin attar mata genit tuh udah lama banget. Kalo gak salah dari umur attar 11 bulanan deh. Cuma, reaksinya dia tiap aku ngedip-ngedipin mata tuh malahan ketawa. Padahal, lumayan rajin loh aku ngajarin mata genit sama dia. Eeh.. bisa-bisanya baru minggu kemaren. Ceritanya dia lagi nenen, trus kalo dia lagi nenen kan suka aku goda-godain. Tau-tau, matanya kedip-kedip gitu. Langsung aja aku samber, "eeh.. attar mata genit ya..??", dianya malah terus-terusan ngedipin mata. Ya udah, sekarang-sekarang, tiap siapa aja yang nyuruh dia mata genit, matanya langsung kedip-kedip ganjen.

6. Salaman

Yang ini masih kadang mau kadang enggak. Kadang kalo disodorin tangan, yang ada tangan kita di maen-maenin. Gak papa ya nak, ntar juga bisa.

7. Joget

Halaahh.. klo joget mah aku gak ngajarin. Bisa sendiri. Dari umur 6 bulan, begitu dia udah bisa duduk, tiap denger musik apaan aja, badannya langsung enjot-enjotan. Yang lucu sih kejadian dua hari yang lalu. Siang-siang aku lagi nidurin attar, trus attar udah 70% tidur. Tau-tau, ada tukang es krim keliling lewat. Tuh tukang es krim kan nyetel musiknya lagu anak-anak gitu, tau-tau attar berdiri di kasur langsung joget sambil tepok tangan. Langsung deh, aku ngikik geli banget. Soalnya, begitu tukang es krimnya pergi, dia langsung tidur lagi. Yeeee....

Duh nak, kamu cepet banget ya gedenya. Udah bisa ini itu. Tau-tau kamu nanti udah cerewet nanya ini-itu sama mommy. Keep growing my son...

Labels:


mrs.netta stayed home at 8:36 PM

0 yang kasih komentar

tentang aku

netta
scorpio
turning 26
abang firman's wife
attar & arayya's mom
a happy homemaker
living happily in Virginia

yesterday

topless is da' best
solomon island part. 2
pinterrrr...
we're on vacation
Gigi
county fair - ice cream - gambar
i like monday
kumpulan cerita
( lucky number ) 13 months
kejeduk piring

monthly

January 2006
February 2006
April 2006
May 2006
June 2006
July 2006
August 2006
September 2006
October 2006
November 2006
December 2006
January 2007
February 2007
March 2007
April 2007
May 2007
June 2007
July 2007
August 2007
September 2007
October 2007
November 2007
December 2007
January 2008
February 2008
March 2008
April 2008
May 2008
June 2008
July 2008
August 2008
September 2008
October 2008
November 2008
December 2008
January 2009
February 2009
March 2009
April 2009
May 2009
June 2009
July 2009
January 2010

ini-itu

me on prenster
my videos on youtube
another blog *crazy version*
Neta Firman's Facebook profile

friends

adekku * chia * keluarga nugraha * teh roro * mamah amalia * uni riz * erma * nabilla * mamah ani * mommy kiky * nora * neli * de-salsa * kelambu * teh opi * tyka* bunda shafiyya * gege-zebby * ruthy-joshua * mommy syifa * evy * ayu * teh lia * lenny * ibu aurel * dhira * deazy *

daily read

youtube
ebay
liputan6
femina
detikhot
detikfood

say something


others

info

for best view use Internet Explorer

sing