Wednesday, April 18, 2007

( lucky number ) 13 months

Assalamualaikum...

Yah, dah lewat setaunnya. Hihihi.. makin gede aja nih anakku. Makin ngegeregetin, ulahnya segala macem. Nangis udah teriak-teriak, cerewet, susah dilarang, ngamuk klo kepengenan gak diturutin, gampang banget niru kelakuan orang yang diliat sama dia. Duilee.. gempor deh..!!

Hari senen kemaren abis ketemu sama dokter. Jadwal periksa rutin, harusnya sih pas dia ulang tahun kemaren, tapi baru sempetnya minggu kemaren. Di timbang *25.75 lbs*, di ukur panjang *32 "* di ukur lingkar kepala *48.5 cm* suntik cacar sama MMR, trus diperiksa darah buat ngecek kadar iron. Hasilnya mengecewakan nih, kadar iron attar rendah. Sempet bingung juga sih, kok bisa ya..? padahal nih anak makannya gak ada masalah. Daging-dagingan, wortel, tahu, cracker, yoghurt, buah, dsb.. dsb.. tapi kok masih kurang aja yah..? akhirnya sama dokternya dikasih prescription suplemen iron yang harus dikasih tiap hari. Duh, padahal aku tuh gak kepengen ngasih dia suplemen-suplemen gituan, pengennya sih alami aja dari makanan gituh. Tapi, aku akalin aja deh, kasihnya gak setiap hari, tapi 2 hari sekali ajah, soalnya 2 minggu lagi harus balik lagi ke dokternya buat dicek lagi darahnya.

Kelakuannya...? Walaah, klo diceritain semua, bisa puanjaaang. Berdasarkan buku panutan aku (what to expect for toddler years), umur segini emang kelakuannya lagi seneng mengexplore. Niru-niru dan udah mulai nunjukkin tantrum, mau di rumah atau di tempat umum. Yeahh.. bener banget tuh. Kalau dirumah, dia suka banget gangguin tantenya maen komputer. Mouse di utak-atik lah, keyboard di pencet-pencet, modem di bolak-balik, kabel ditarik-tarik dan yang paling dia suka, mencet-mencet tombol CD-ROM. Kalau tantenya ngelarang bilang "No" sambil ngasih telunjuk, yang ada dia ikut-ikutan ngedumel sambil teriak-teriak. Kalau dijauhin, yang ada badannya ngamuk trus ngejerit sampe kenceng banget. Waaaa...

Trus, aku coba ikutin saran dokter buat enggak ngebentak atau marah kalau dia nakal. Cukup diliatin aja matanya, trus ngomong pake suara yang nadanya di tegasin. Aku coba, pertamanya dia ketawa ngeliat aku ngomong sambil ngeliatin matanya. Lama-lama, setiap aku kaya gitu, dia nangis trus ekspresi mukanya kaya orang ketakutan. Yang ada, dia meluk aku sambil nangis. Kalau dia udah kaya gitu, langsung aku usap-usap pundaknya sambil terus ngomong kalau attar gak boleh kaya gitu lagi. Diem deh, gak pake teriak-teriak, hehehe... tapi, masih dilakuin juga sih nakalnya, belom ngerti banget kali yaa..

Corat-coret

Kayanya, aku mo mulai coba kasih dia crayon atau pensil warna deh. Soalnya, sekarang kalau attar liat pulpen ngegeletak, pasti langsung di coret-coretin. Belom bener banget sih megangnya, cuma udah keliatan aja kalau dia seneng banget maenin pulpen. Bisa anteng banget dia.

Angkat telepon

Setiap ada bunyi telepon atau ada telepon ngegeletak, langsung deh dia maenin. Ditaro dikupingnya sambil bilang "awoh.. awoh..". Hihi..

Attar's dictionary :

1. Dadih = daddy
2. Mama = mommy
3. Niaaaaa = tantenya/adekku *aseli, ini gak ada yg ngajarin, keseringan aku manggil nama adekku*
4. Da-dah = dadah/bye-bye *sambil waving perfectly*
5. Dede = bayi/binatang *anjing, kucing, ikan*
6. Ajah = gajah *kalo diingetin aja*
7. Awoh = halo *angkat telepon*
8. Baa-baa = ciluk ba *sambil nutupin muka*
9. Uwa = dua *nyamber klo kita bilang satuuu.. masih lupa-lupa inget*
10. Abadaba = alhamdulillah *klo kita bilang alhamdulillah abis bersin*
11. Inih-inih = sini *manggil kita*
12. Dah = Udah *biasanya abis potty atau abis ganti diaper*
13. Bobobobobo = tidur *gak tau kenapa bo-nya banyak banget*

Kata yang udah ngerti maknanya tapi blom bisa ngomong :

1. Mandi, reaksinya langsung nyelonong ke kamar mandi, trus ambil potty seatnya ditaro di WC *masih blon bener sih naronya* soalnya, dia selalu potty dulu sebelom mandi
2. Enggak boleh / no, reaksinya NANGIS
3. Mimi, reaksinya langsung celingak-celinguk cari sippy cup. Kalo lagi dipegang langsung diminum.
4. Joget, reaksinya langsung joget.
5. Tepuk tangan
6. Mau, reaksinya kalau dia mau langsung nyamperin, kalau gak mau geleng-geleng.
7. Ambil, reaksinya langsung ngambil barang yang dimaksud.

Fyuh.. sekarang, aku selalu usahain fokus ngajarin dia ngomong bahasa sederhana setiap hari. Gak lama sih, paling 15 menitan setiap hari. Caranya, aku pangku dia trus aku liatin buku gede bergambar, trus aku kasih tau dia ini apa itu apa sambil ngeliatin gerakan bibir aku ke mukanya. Fokus banget loh dia, kadang aku suka perhatiin bibirnya dia tuh kaya berusaha gerak pengen ngikutin aku, tapi pas dilakuin, yang keluar malah "dada..wawa..". Hihi.. kocak. Eh, tapi cape banget deh. Kayanya mulut pada pegel-pegel, tenggorokan kering, suara juga abis. Gak papa juga sih, buat anak gitu looh..

Sehat terus ya nak..

Wassalamualaikum...

Labels:


mrs.netta stayed home at 6:54 PM

1 yang kasih komentar

tentang aku

netta
scorpio
turning 26
abang firman's wife
attar & arayya's mom
a happy homemaker
living happily in Virginia

yesterday

kejeduk piring
aku gak takut lagi...
the elephant song
back...!!
he's a toddler now
makan lagi dong mommy..
welcoming spring
my little first walker
si pemakan segalanya
Habis gelap terbitlah lampu terang

monthly

January 2006
February 2006
April 2006
May 2006
June 2006
July 2006
August 2006
September 2006
October 2006
November 2006
December 2006
January 2007
February 2007
March 2007
April 2007
May 2007
June 2007
July 2007
August 2007
September 2007
October 2007
November 2007
December 2007
January 2008
February 2008
March 2008
April 2008
May 2008
June 2008
July 2008
August 2008
September 2008
October 2008
November 2008
December 2008
January 2009
February 2009
March 2009
April 2009
May 2009
June 2009
July 2009
January 2010

ini-itu

me on prenster
my videos on youtube
another blog *crazy version*
Neta Firman's Facebook profile

friends

adekku * chia * keluarga nugraha * teh roro * mamah amalia * uni riz * erma * nabilla * mamah ani * mommy kiky * nora * neli * de-salsa * kelambu * teh opi * tyka* bunda shafiyya * gege-zebby * ruthy-joshua * mommy syifa * evy * ayu * teh lia * lenny * ibu aurel * dhira * deazy *

daily read

youtube
ebay
liputan6
femina
detikhot
detikfood

say something


others

info

for best view use Internet Explorer

sing