Friday, May 23, 2008

food is our passion


Si doyan masak dan makan. Mungkin itu julukan yang paling tepat buat aku dan suami. Kita berdua pada dasarnya doyan makan. Siapa sih yang enggak doyan makan..? Makanya suka heran deh sama anak kecil yang pada gak doyan makan, kok bisa..? makanan enak-enak gini kok, hehe..

Oke, cerita si abang dulu ya. Semenjak disini, kerjaannya jadi tukang masak, bahasa kerennya mah chef. Segala jenis restoran udah pernah dijabanin, dari mulai Chinese cuisine, Thai cuisine sampe akhirnya sekarang mentok di Japanese cuisine. Pendidikannya bukan culinary kok, malahan sekolah S1-nya ambil Teknik Mesin di Univ. Negeri Jakarta. Trus, sempet dapet scholarship International Trade di aussie dan pernah kuliah S2 di Trisakti Jakarta tapi gak sampe selesai, keburu dapet kesempetan kesini.

Barulah setelah di US, hobinya tersalurkan, yaitu masak. Emang sih, ibu mertua sering cerita kalau si abang itu paling sering bantuin masak di dapur, dan emang sering juga masak sendiri. " Nasi gorengnya Firman enak.." begitu kata ibu mertua. Emang kebukti, nasi gorengnya si abang dari yang bumbu ulek sampe bumbu rajangan doang, rasanya gimanaa gitu, beda sama yang aku yang bikin sendiri. Nasinya bisa agak-agak crunchy, gak benyek. Padahal kalo dibilang teknik masaknya sama aja.

Waktu aku baru nikah, aku masih buta banget deh sama dapur. Mana tinggal diluar negeri gini, gak mungkin banget deh ah beli makanan di restoran mlulu, tekor. Ya udah, bulan-bulan pertama segala sesuatunya abang yang masak. Aku masih dalam tahap ngeliatin sama makan doang =D. Tiap hari dia bikinin aku sup Tom Yam, Pad Thai, Drunken Noodle dan aneka ria masakan Thai laennya sampe dulu aku jadi bosen sama masakan Thai. Yang paling berkesan, waktu aku hamil muda. Tiba-tiba aja jam 12 malem kebelet pengen makan tongseng. Nah loh, nyari dimana tuh tongseng tengah malem..? Kalo di jakarta masih banyak warung sate yang buka jam segitu. Akhirnya si abang bilang kalau dia mau bikinin aku Tongseng tapi berhubung gak ada daging kambing, dia bikinin aku tongseng pake daging sapi. Aku manut aja. Sementara dia sibuk di dapur, aku geletakan aja dikasur nunggu tongseng jadi *kurang ajiaaar banget gak sih gue..? hehe..*. Gak lama, jadi deh tuh tongseng. Alamaak, huenaak. Apalagi kita makannya semangkok gede berdua, jadi tambah nikmat deh. Alhamdulillah, bisa tidur juga akhirnya si bumil, gak perlu sampe meraung-raung.

Lama-lama, aku malu dong dimasakin si abang mlulu. Jadilah aku mulai paktek masak kecil-kecilan di dapur, berbekal contekan resep dari internet. Lama-lama, jadi nagih. Tiap hari aku masak jenis masakan yang beda-beda, sampe akhirnya si abang gak pernah lagi masakin aku. Dia udah bener-bener ngelepas aku di dapur sendirian.

Okeh, lama-lama, kita jadi suka duet di dapur. Kalau si abang lagi off, kita suka menyusun menu istimewa buat hari itu. Misalnya, aku kepengen makan bakso, si abang pengen makan asinan buah, ya udah, aku nguprek bikin bakso, abang nguprek bikin asinan buah. Sampe sekarang, aku jadi kesengsem sama asinan buahnya si abang, gitu juga adeku si nia. Kalau lagi kepengen asinan buah, langsung deh kita berdua request minta dibikinin sama si abang. Pedes-pedes asem manis segeeerrr... hehe..

Kalau ada acara selametan macem ulang tahun gitu, wuaah.. kita bisa lebih heboh. Kaya waktu ultah attar ke-2 kemaren, aku tugasnya cuma bikin soto betawi sama martabak telor, sementara si abang bikin sate daging asem manis, ayam bakar padang, aneka ria sushi, sama es buah. Seru kan..? Coba kalo semua menu itu aku yang ngerjain, mana kepegang..?

Eh, tapi ada yang gak enaknya kalau pas kita lagi duet di dapur gitu. Kadang suka selisih pendapat soal cara masak atau bumbu yang kita pake. Kadang si abang suka bilang pake bumbu A, sementara aku suka keukekuh gak enak kalau pake bumbu A, lebih cocok pake bumbu B. Dan seterusnya, dan seterusnya.

Kalau sekarang, aku yang lebih banyak masak ketimbang si abang. Dia bilang ilmunya udah ilang, diserap semua sama aku, hahaha.. emangnya Kungfu. Sekarang, dia lebih sering ngajarin aku teknik motong ayam yang bener dan gampang, cara fillet ikan yang bener sampe cara buang lemak dan motong daging yang bener. Sejauh ini, yang aku belom bisa cuma motong-motong sayuran dengan kecepatan tinggi. Aku suka iri kalau ngeliat si abang motong daun bawang, wortel ato apa aja, soalnya kadang gak pake ngeliat sayurannya, tapi tetep aja motongnya rapih dan super cepet pula. Kalo aku nyoba, yang ada aku ngeri duluan, takut tangan kepotong piso, idiiih.. Gak apa-apa lah, biar lambat asal selamat *ngeles*.

Sampe sekarang, ada beberapa jenis masakan yang selalu aku minta si abang yang masak, karena rasanya bener-bener pas di lidah aku. So far sih cumi asin cabe bawang, tumis kangkung, asinan buah, nasi goreng merah sama nasi goreng putih, iga panggang, sate asem manis sama saos teriyakinya, hmmmm....

So, ada yang pengen tau rahasia membuat saus teriyaki yang huenak ala Hoka-hoka bento..?? hubungi saya, ntar saya tanyain sama si abang. Moga-moga ga diminta bayaran =D.

Labels:


mrs.netta stayed home at 11:20 AM

2 yang kasih komentar

tentang aku

netta
scorpio
turning 26
abang firman's wife
attar & arayya's mom
a happy homemaker
living happily in Virginia

yesterday

26 months
si bungsu dan si nyaris bungsu
kita bisa karena...??
ai wof u mommy...
baby gear oooh baby gear..
udah 3 taun
alergi oooh alergi...
belajar baca...?
Geby
The little gym (the 3rd week)

monthly

January 2006
February 2006
April 2006
May 2006
June 2006
July 2006
August 2006
September 2006
October 2006
November 2006
December 2006
January 2007
February 2007
March 2007
April 2007
May 2007
June 2007
July 2007
August 2007
September 2007
October 2007
November 2007
December 2007
January 2008
February 2008
March 2008
April 2008
May 2008
June 2008
July 2008
August 2008
September 2008
October 2008
November 2008
December 2008
January 2009
February 2009
March 2009
April 2009
May 2009
June 2009
July 2009
January 2010

ini-itu

me on prenster
my videos on youtube
another blog *crazy version*
Neta Firman's Facebook profile

friends

adekku * chia * keluarga nugraha * teh roro * mamah amalia * uni riz * erma * nabilla * mamah ani * mommy kiky * nora * neli * de-salsa * kelambu * teh opi * tyka* bunda shafiyya * gege-zebby * ruthy-joshua * mommy syifa * evy * ayu * teh lia * lenny * ibu aurel * dhira * deazy *

daily read

youtube
ebay
liputan6
femina
detikhot
detikfood

say something


others

info

for best view use Internet Explorer

sing