Tuesday, December 30, 2008

cerita si ASI

What's the best thing than being able to breastfeed your baby..?. Yep, bersyukurlah buat semua ibu yang bisa nyusuin bayinya sendiri, termasuk saya ini. Anak pertama, berhasil kasih ASI ekslusif sampe 6 bulan, trus lanjut sampe attar umur 18 bulan. Anak kedua juga sama, kasih ASI ekslusif sampe 6 bulan, dan planning untuk lanjut sampe umur 2 taun *Insya Allah*.
Untuk proses nyusuin yang sekarang ini, sebenernya aku gak ada masalah yang gimana-gimana banget, cuma satu hal nih yang kadang bikin ribet aku sama si bebih, which is air susu yang overflowing alias buanyak..!. Tiga hari setelah ngelahirin, air susu aku mulai keluar. Setelah berbengkak-bengkak ria dan menahan sakit yang nikmatnya luar biasa, akhirnya keluarlah itu air susu. Tapi entah kenapa, air susu yang keluar kok banyak banget ya..? Udah gitu, Rayya itu tipikal bayi yang gak terlalu "nafsu" nyusunya. Pokoknya, anak ini teratur banget deh. Nyusu itu cuma setiap 2-3 jam sekali. Itu juga akunya kudu struggling maksa-maksa. Padahal, dalam sejam aja, produksi air susu udah banyak. Udah gitu, anak ini nyusunya paliiing lama cuma 15 menit, soalnya dia cepet kenyang dan dia sendiri udah berusaha keras ngatur nafasnya supaya gak keselek, walopun pada kenyataannya, dia lebih sering keselek gara-gara air susu overflowing itu. Walhasil, dia jadi kaya suka trauma kalo mau nyusu. Tiap air susunya udah mulai nyembur, langsung deh dilepas sama dia, yang ada mukanya jadi penuh basah sama air susu. Kalo udah gitu, terpaksa aku tutup "kendinya" sebentar sambil dipijit-pijit biar gak muncrat, baru deh aku susuin Rayya lagi.
Saking banyaknya, nursing pad sampe rembes, basah deh semua daleman sampe kaos. Dalam sehari, aku bisa ganti nursing pad sampe 3 kali, which is 6 biji. Lah, kalo dalam sebulan...? Berarti aku bisa ngabisin 180 pcs nursing pad, dimana harga setiap box nursing pad yang isinya 60 pcs adalah $7, berarti i have to spend at least $21 only for nursing pad, holy...!?!?!? Sama aja kaya cost buat beli diaper anak gue.
Waktu ada mama disini, aku sering pump tuh air susu biar gak kebanyakan (5 minutes pumping, i got 150 mls milk only from one side..!!) Tapi gak aku simpen, langsung aku buang aja. Lagian, gak disimpen juga produksinya masih banyak. Pengennya sih disumbangin ke rumah sakit, soalnya katanya mereka nerima ASI buat anak-anak bayi yang ditaro di NICU (ICU khusus newborn). Tapi malah jadi ribet sama prosedurnya. Ya sudahlah.
Sekarang sih, aku udah gak pump ASI lagi. Aku biarin aja apa-adanya. Basah ya basah deh, abis mau diapain lagi. Malahan aku jadi bersyukur karena dikasih ASI yang berlimpah ruah. Masih banyak kan ibu-ibu yang berusaha mati-matian supaya ASInya banyak tapi malah gak keluar sama sekali.
Kemaren sih aku disaranin temen buat pake nursing pad yang dari silikon gitu, jadi gak perlu beli-beli lagi. Belom aku cobain sih, ntar lah aku coba, ngabisin stok nursing pad dirumah dulu.

Labels: ,


mrs.netta stayed home at 3:00 PM

0 yang kasih komentar

tentang aku

netta
scorpio
turning 26
abang firman's wife
attar & arayya's mom
a happy homemaker
living happily in Virginia

yesterday

Idul Adha 2008
tengkureb
for my little sister
Thanksgiving 2008
big thanks to: woombie..!!
attarayya: 32 months and 2 months
percobaan pertama
bisa..? ya dibisa-bisain deh..
enin pulang
31 months

monthly

January 2006
February 2006
April 2006
May 2006
June 2006
July 2006
August 2006
September 2006
October 2006
November 2006
December 2006
January 2007
February 2007
March 2007
April 2007
May 2007
June 2007
July 2007
August 2007
September 2007
October 2007
November 2007
December 2007
January 2008
February 2008
March 2008
April 2008
May 2008
June 2008
July 2008
August 2008
September 2008
October 2008
November 2008
December 2008
January 2009
February 2009
March 2009
April 2009
May 2009
June 2009
July 2009
January 2010

ini-itu

me on prenster
my videos on youtube
another blog *crazy version*
Neta Firman's Facebook profile

friends

adekku * chia * keluarga nugraha * teh roro * mamah amalia * uni riz * erma * nabilla * mamah ani * mommy kiky * nora * neli * de-salsa * kelambu * teh opi * tyka* bunda shafiyya * gege-zebby * ruthy-joshua * mommy syifa * evy * ayu * teh lia * lenny * ibu aurel * dhira * deazy *

daily read

youtube
ebay
liputan6
femina
detikhot
detikfood

say something


others

info

for best view use Internet Explorer

sing